Cara Menghindari Karang Gigi

BukaIndo.com - Langkah-langkah sederhana yang bisa kamu jadikan kebiasaan berikut ini dapat membuat gigi kamu lebih sehat dan terhindah dari karang gigi.
Image Source: www.choosehealthylife.com
Gosok gigi dan floss setiap hari 
Pada dasarnya pencegahan masalah gigi dimulai dengan menjaga kebersihan gigi. Usahakan untuk menggosok gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Floss wajib dilakukan setelah makan, hal ini dikarenakan menggosok gigi tidak dapat membersihkan makanan yang menyangkut disela-sela gigi.

Makan makanan yang sehat dan seimbang
Hindari makanan yang manis dan lengket seperti permen yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Jangan terlalu banyak makan cemilan
Setiap kali kamu makan, bakteri mengubah karbohidrat menjadi asam dan asam mempunyai peranan terbesar dalam kerusakan gigi. Dengan seringnya makan cemilan maka resiko gigi kamu rusak menjadi lebih tinggi.

Periksa gigi secara regular
Banyak orang yang takut untuk pergi ke dokter gigi tapi hal ini harus kamu lakukan. Pemeriksaan gigi setidaknya dilakukan setiap 6 bulan baik itu konsultasi secara general atau pembersihan karang gigi.

Pakai cairan pembersih mulut
Merawat gigi tidak cukup dengan menggosok dan floss saja tetapi setelah itu disarankan untuk berkumur dengan cairan pembersih mulut, contohnya yang biasa beredar di pasaran adalah merk Listerine.

Rawatlah bila mempunyai masalah mulut kering
Xerostamia (dry mouth) atau yang biasa kita sebut mulut kering disebabkan oleh merokok, dehidrasi, gugup atau bernapas dengan mulut. Bisa juga disebabkan oleh penyakit sindrom Sjogren yang membahayakan kelenjar ludah. Kunjungi dokter gigi secepatnya bila kamu mengalami masalah ini.
Source: www.daveev.com


Share on Google Plus

About Voltage Feed

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment