Fakta 9 Jenis Hewan Yang Unik dan Menarik


BukaIndo.com - Hewan termasuk makhluk hidup yang harus dilestarikan untuk membantu pemenuhan kebutuhan manusia dalam berbagai hal. Berikut adalah beberapa fakta tentang hewan yang termasuk unik dan menarik untuk diikuti.

Burung unta
Burung unta termasuk burung yang memiliki leher panjang dan ukuran tubuh bisa mencapai 2.5m. burung yang satu ini juga memiliki keistimewaan yaitu usianya yang bisa mencapai 50 tahun dengan kemampuan bertahan hidup sangat tinggi. Hewan yang satu ini juga memiliki keistimewaan pada kakinya yang membuatnya bisa berlari hingga 59 km/jam.

Kucing
Kucing memiliki banyak sifat unik yang umumnya membuat manusia ingin memiliki dan memanjakan hewan yang satu ini. Ada beberapa sifat istimewa dari hewan ini seperti daya ingat yang cukup baik sehingga umumnya kucing akan sangat ingat dengan pemiliknya. Kucing adalah hewan yang lebih mudah cemburu dibanding ajing dan hal tersebut akan sangat terlihat ketika sang majikan lebih memilih bermain dengan hewan lain daripada dengannya. Pada saat merasa ada yang tidak beres di sekitarnya, kucing akan mendesis atau mengeram dan memperhatikan salah satu sudut.

Anjing
Hewan yang satu ini juga dikatakan sebagai hewan yang sangat setia pada majikannya. Hewan ini memiliki beberapa sifat unik seperti kencing di area tertentu untuk menandai area kekuasaannya, selalu mengibas-ibaskan ekornya saat merasa senang atau diperhatikan majikan. Anjing termasuk hewan penjaga yang akan membuat majikannya terhindar dari bahaya saat anjing melolong dengan keras.

Jerapah
Hewan yang satu ini dianggap hewan dengan leher terpanjang di dunia dan sebagai herbivor, jerapah termasuk hewan yang selalu jinak. Salah satu fakta menarik tentang jerapah yaitu ditemukannya jerapah 9 tahun di Inggris yang panjang lehernya mencapai 12m.

Kera mandrill
Hewan yang satu ini dijuluki sebagai kera cantik karena corak tubuhnya yang menawan. Dengan tinggi mencapai 76cm dan berat 54kg, kera mandrill memiliki warna hidung merah dengan kombinasi bulu dibawah dagu berwarna kuning.

Nyamuk
Nyamuk bisa dikatakan hewan yang paling berbahaya di dunia karena beberapa jenis nyamuk seperti aides aegepty dan anopheles adalah penyebab kematian tertinggi hampir di seluruh dunia. Nyamuk jenis itu umumnya akan mudah berkembang biak di genangan air kotor yang di Indonesia makin banyak saat musim hujan.

Kelinci
Fakta menarik tentang kelinci adalah penggambarannya yang selalu terlihat gesit dan lincah. Selain itu, kelinci juga termasuk hewan herbivore yang disukai karena tingkah lakunya yang pintar. Kelinci  memiliki telinga panjang yang umumnya panjang antara telinga kiri dan kanan sedikit berbeda. Baru-baru ini ditemukan kelinci dengan telinga terpanjang di dunia, tepatnya di California USA, dimana telinga kelinci varietas english loop ini memiliki panjang telinga mencapai 79cm.

Angsa
Ada beberapa fakta unik tentang hewan ini yang perlu Anda tahu, antara lain sifatnya yang setia dan tidak pernah meninggalkan pasangannya. Kemampuan terbangnya secara berkelompok pada saat melakukan migrasi dan kemampuan sang pejantan untuk melindungi betina dari gangguan musuh.

Komodo 
Hewan yang satu ini dijuluki kadal terbesar dengan ukuran panjang bisa mencapai 3m dan hewan ini bisa bereproduksi tanpa bantuan pejantan karena hewan komodo diyakini memiliki sifat spermtechal dan partenogenesis yang dapat menyimpan sperma dan membuahi sel telur dalam jangka waktu cukup lama. Satu lagi fakta unik yang menarik tentang komodo yaitu hewan ini tidak memiliki indra pendengaran dan memiliki organ Jacobson yang membantu semua aktvitas berburu mangsa atau bertahan dari serangan musuh.

Share on Google Plus

About Voltage Feed

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment