8 Kota Indonesia Yang Dilewati Gerhana Matahari Total

BukaIndo.com - Gerhana Matahari Total menurut kabarnya akan terjadi pada 9 Maret 2016. Hal ini tentu saja sudah menyebar ke semua negara, jadi sepertinya nggak heran kalau ada banyak sekali turis yang mulai berdatangan ke kota-kota di Indonesia yang akan di lewati oleh Gerhana Matahari Total ini.

Peristiwa ini memang salah satu fenomena yang sangat langka. Pasalnya GMT ( singkatan dari Gerhana Matahari Total) ini hanya terjadi di Indonesia saja. Hal ini tentu saja bukan hanya wisatawan lokal saja yang sangat antusias, tapi wisatawan dari luar negeri juga banyak yang berdatangan. Selain itu ada juga beberapa wisatawan dari beberapa profesi yang datang mulai dari para peneliti, para pejabat hingga beberapa orang terkenal yang ada di dunia.

Setidaknya ada 12 Provinsi yang ada di Indonesia yang akan di lintasi oleh GMT, hanya saja ada 8 kota saja yang bisa melihat GMT dimana bumi dalam keadaan yang benar – benar gelap karena sinar dari matahari di tutupi oleh bulan dengan secara total. Menurut kabarnya Gerhana Matahari ini akan datang dari arah Samudera Hindia hingga bagian utara dari Kepulauan Hawaii Amerika Serikat. Untuk jalur dari GMT yang terjadi di tahun 2016 ini akan melebar kurang lebih hingga 160 km dan akan telentang sejauh kurang lebih1.300 km.



Nah jika anda ingin melihat fenomena langkah ini maka anda bisa melihat di 8 kota besar di Indonesia yang akan dilintasi GMT diantaranya adalah :

Pagai Utara di Sumatera Barat
Untuk kawasan ini pada sekitar pukul 06.32 WIB Bulan dan juga matahari akan mulai berdekatan Kemudian sekitar pukul 07.19 WIB maka akan terjadi Gerhana matahari secara total. Sekitaran pukul 08.23 WIB Fenomena GMT ini selesai.

Palembang di Sumatera Selatan
Di Kawasan ini pada sekitaran pukul 06.20 WIB maka bulan dan matahari akan mulai berdekatan, kemudian sekitaran pukul 07.21 WIB akan terjadi Gerhana Matahari Total ( GMT ). Peristiwa ini akan selesai sekitar pukul 08.31 WIB.

Tanjung Pandang di Bangka Belitung
Bangka belitung akan mengalami GMT sekitar pukul 07.23 WIB dimana sekitaran puku 06.21 WIB matahari dan bulan akan mulai bersentuhan. Dan fenomena GMT ini akan selesai sekiaran pukul 08.35 WIB.

Palangkaraya di Kalimantan Tengah
Palangkaraya akan mengalami GMT sekitaran pukul 07.30 WIB dimana sekitaran pukul 06.23 WITA akan terjadi sentuhan antara bulan dan matahari. Kemudian sekitaran pukul 08.46 WITA Peristiwa ini selesai terjadi.

Balikpapan di Kalimantan Timur
Jika anda ingin melihat GMT di kawasan balikpapan, maka bisa melihatnya di sekitar pukul 08.25 WITA dimana sebelumnya di pukul 07.25 WITA terjadi peristiwa persinggungan antara Bulan dan Matahari. Kemudian sekitar pukul 09.53 WITA gerhana matahari selesai terjadi.

Palu di Sulawesi tengah
Untuk kawasan palu pada pukul 07.27 WITA akan terjadi persinggungan antara bulan dan matahari. GMT akan terjadi sekitara pukul 08.38 WITA dimana sekitar pukul 10.00 WITA GMT selesai.

Ternate di Maluku Utara
Kawasan ternate juga akan dilintasi GMT sekitar pukul 09.53 WIT dimana sekitaran pukul 08.36 WITA itu akan terjadi persinggungan antara bulan dan Matarahi. Gerhana Matahari ini akan berakhir sekitar pukul 11.20 WIT.

Maba di Maluku Utara
Ini adalah Kota terakhir yang akan dilintasi GMT anda dapat melihat GMT selama kurang lebih 3 menit pada pukul 09.54 WIT dimana pada pukul 08.37 WIT anda sebelumnya akan melihat bulan dan matahari bersentuhan. Kemudian pukul 11.23 WIT gerhana matahari total selesai.

Share on Google Plus

About Voltage Feed

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment