Klub Sepakbola Paling Kaya di Indonesia

BukaIndo.com - Sepakbola adalah olahraga paling populer di Indonesia, bahkan bisa dikatakan memiliki jumlah penggemar terbanyak di Indonesia. Meskipun termasuk olahraga yang cukup keras, namun adu skil 22 pemain dan adu strategi para pelatih dalam sebuah pertandingan membuat olahraga ini memang sangat asyik untuk di tonton, sehingga tidaklah mengherankan bila supporter sepakbola datang dari berbagai kalangan mulai dari orang dewasa, remaja, anak-anak, laki-laki maupun perempuan.
Banyaknya penggemar sepakbola membuat klub sepakbola tumbuh subur di setiap daerah di tanah air, bahkan tercatat ada lebih dari 100 klub yang masih aktif sampai saat ini, dan diantara klub-klub profesional tersebut tercatat ada 6 klub sepakbola paling kaya di Indonesia, namun bukan hanya kaya dalam hal materi akan tetapi juga kaya akan prestasi karena telah berhasil meraih trophy kemenangan pada berbagai kejuaraan.
Meskipun saat ini bisa dikatakan bahwa badan olahraga yang menaungi sepakbola nasional yaitu PSSI sedang mati suri (non aktif), dan menghambat perkembangan sepakbola dan regenerasi pemain, namun adanya beberapa turnamen yang dilaksanakan beberapa waktu terakhir, ternyata cukup menghibur para penggemar sepakbola tanah air.

Berikut ini 6 klub paling kaya di Indonesia, yaitu :

Persib Bandung
Klub paling kaya di Indonesia di posisi pertama ditempati oleh klub kebanggaan masyarakat Bandung yaitu Persib Bandung. Klub ini telah berhasil memenangkan sederet trophy kejuaraan, sehingga selalu kebanjiran spnsor dan membuat manajemen klub tidak perlu pusing untuk memikirkan dana operasional klub, dimana untuk belanja perlengkapan sepakbola, dana operasional dan gaji pemain, manajemen persib telah mengeluarkan uang sebesar 2,25 milyar.

Persebaya 1927
Di posisi kedua ada Persebaya 1927, klub yang terkenal dengan suporternya yang sangat fanatik dan biasa dijuluki “bonek” karena sering membuat konaran pada setiap pertandingan ini, harus mengeluarkan dana sebesar 2,19 milyar untuk membiaya gaji pemain, biaya perlengkapan dan biaya operasional klub.

Persipura Jayapura
Diposisi berikutnya ada klub dari wilayah timur Indonesia yaitu Persipura Jayapura, klub kaya ini memiliki sponsor yang sangat kuat, yaitu berasal dari perusahaan multinasional PT. Freeport Indonesia dan Telkomsel, sehingga manajemen klub bisa mengeluarkan dana sebesar 1,31 milyar untuk dana operasional, biaya perlengkapan, dan gaji pemain.

Mitra Kukar
Diposisi berikutnya ada klub yang berasal dari pulau Kalimantan atau tepatnya dari provinsi Kalimantan Timur. Saat ini ada cukup banyak pemain bintang yang membela klub ini, sehingga bisa diprediksi Mitra Kukar harus mengeluarkan dana 1,28 millyar untuk gaji pemain bintang dan berbagai biaya perlengkapan dan operasional lainnya.

Semen Padang FC
Klub yang menempati posisi ke-5 sebagai yang terkaya di Indonesia adalah klub yang berasal dari ranah minang, yaitu Semen Padang FC, klub ini tercaatat pernah 2 kali (2012 dan 2013) mewakili Indonesia di ajang AFC Cup, karena prestasi yang diukirnya di tingkat nasional. Klub kaya ini harus mengeluarkan dana sebesar 1,26 milyar rupiah untuk memenuhi berbagai keperluan operasional dan manajemen klub.

Sriwijaya FC
Dan diposisi ke enam ada klub kaya kebanggaan masyarakat Palembang yaitu Sriwijaya FC, klub yang juga banyak dihuni pemain bintang ini juga telah berhasil meraih cukup banyak prestasi. Manajemen klub masyarkat Andalas ini harus mengeluarkan dana sebesar 989 milyar rupiah untuk membiaya perlengkapan sepakbola, gaji pemain dan biaya operasional klub.

Keenam klub paling kaya di Indonesia tersebut merupakan klub yang juga memiliki prestasi yang cukup membanggakan, sehingga menjadi bagian dari klub-klub tersebut menjadi sebuah kebanggan bagi para pemain dan pelatih sepakbola. 

Share on Google Plus

About Voltage Feed

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment