Sekilas Tentang Perhelatan Java Jazz 2016

BukaIndo.com - Java Jazz Festival 2016 merupakan ajang musik internasional yang diselenggarakan oleh Indonesia. Merupakan ajang yang digelar rutin setiap tahunnya dengan menampilkan musisi - musisi jazz tingkat internasional dan tentu saja musisi jazz dari Indonesia sendiri. Di tahun 2016 ini Java Jazz Festival 2016 diadakan selama 3 hari mulai dari tanggal 4 – 6 Maret 2016 dan berlokasi di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. Tahun ini adalah kali ke 12 ajang musik Jazz ini digelar. Masih sama dengan tahun sebelumnya, JJF 2016 ini mengambil konsep festival musik di mana setiap harinya ada 11 panggung yang diisi 3 show dari para musisi jazz kenamaan.



Untuk temanya sendiri, di tahun ini JJF masih konsisten dengan mengangkat tema kebudayaan Indonesia melalui “Exploring Indonesia”. Namun keindahan kebudayaan yang ditonjolkan kali ini berasal dari Toraja.  Kekhasan daerah Toraja bisa dilihat dari interior dan eksterior venue acara dan panggung, hiasan baliho hingga tiketnya.

Musisi Indonesia di Java Jazz 2016
Acara ini menampilkan banyak sekali bintang jazz baik dari luar maupun dalam negeri. Ada sekitar 40 musisi Indonesia dan 36 musisi luar negeri yang ikut andil memeriahkan acara jazz terbesar di Indonesia ini. Tahun ini Java Jazz berhasil mengundang musisi tenar seperti Sting, Robin Thicke dan David Foster. Bahkan David Foster dan Robin Thicke sendiri didaulat untuk mengisi special show. Selain itu ada pula nama musisi mancanegara lainnya seperti Bad Bad Not Good, Patty Austin, Relish, Monty Alexander, Tokyo Ska Paradise Orchestra, Till Bronner, Candy Dulfer, Michelle Walker, Chris Botti, Hiatus Kaiyote, Level 42 dan lain sebagainya.

Lalu siapa saja musisi Indonesia yang terlibat ? Ada beberapa nama yang memang menjadi langganan tampil di Java Jazz dan ada pula beberapa nama yang baru pertama kali menghibur di acara ini. Seperti afgan, Marcell, Maliq D’ Essential, Otti Jamalus dan Idang Rasjidi adalah list artis yang tampil kembali di Java Jazz 2016 ini. Sedangkan list musisi baru diisi oleh Kunto Aji dan Barasuara. Ada pula nama musisi seperti Be3, Endha n Rhesa, Dialog Hari Ini, GAC, Sopana Sokya, Yance Masunama, RAN dan masih banyak yang lainnya.

Afgan sendiri yang sudah sering tampil di JFF kali ini akan membawakan lagu - lagu yang bertema 90-an. Afgan memang tidak akan menyanyikan lagu miliknya sendiri, namun ia berhasil memikat para penonton dengan Breathe Again-nya Tony Braxton, One Sweet Day milik Mariah Carrey serta Waterfalls dari TLC. Ia juga berhasil mengajak penonton bergoyang ketika ia membawakan lagu dari Boyband yang populer di tahun 90-an. Bersama Kunto Aji dan Angga Maliq D’ Essential, ia membawakan Everybody milik Backstreetboys dan Love Me For A reason dari Boyzone.

Kematian musisi jazz Ireng Maulana
Namun selain kemeriahan terselip pula kabar duka dari perhelatan Java Jazz 2016. Pada tanggal 6 Maret pukul 00.25, maestro jazz Indonesia Ireng Maulana meninggal dunia. Ireng Maulana dikabarkan menderita penyakit jantung dan di hari sebelumnya sempat mengalami sesak nafas. Ireng Maulana merupakan salah seorang musisi jazz kenamaan Indonesia yang banyak sekali berkolaborasi dengan musisi lain seperti Rafika Duri, Andien, Syaharani, Harvey Malaiholo dan lain sebagianya. Dalam perjalanan jazz Indonesia, Ireng Maulana banyak menyumbangkan buah pikirannya dan menggagas acara besar berupa Jakarta International Jazz Festival. Dan untuk menghormati Ireng Maulana, penonton Java Jazz yang dipimpin oleh Peter F. Gontha, penggagas Java Jazz, mengheningkan cipta sejenak serta berencana akan mengadakan acara Tribute untuk Ireng Maulana.


Share on Google Plus

About Voltage Feed

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment